TUGAS PPL ANICK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :SD/MI
Mata
Pelajaran : SBK
Kelas
/ Semester : IV / 1
Alokasi
Waktu : 2 35 Menit
I.
STANDAR KOMPETENSI:
o
Mengapresiasi karya seni tari
II.
KOMPETENSI DASAR :
o
Menyiapkan
peragaan tari Nusantara daerah setempat
III.
INDIKATOR:
·
Kognitif
-
Kognitif proses:
o
Menjelaskan ciri-ciri gerak dalam seni tari Nusantara.
o
Menjelaskan contoh busana yang dikenakan penari dalam
seni tari Nusantara.
o
Menjelaskan perbedaan gerak tari dari daerah satu dengan
daerah yang lain.
-
Kognitif produk:
o
Menguraikan
ciri-ciri gerak dalam seni tari Nusantara
o
Menyebutkan
contoh busana yang dikenakan penari dalam seni tari nusantara.
o
Menyebutkan
perbedaan
gerak tari dari daerah satu dengan daerah yang lain.
·
Afektif
-
Karakter:
o
Tekun
mendengarkan penjelasan guru pada saat proses belajar berlangsung.
o
Melaksanakan
tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.
-
Sosial
o
Membantu
teman yang mengalami kesulitan.
·
Psikomotorik
o
Terampil
memperagakan gerak tari nusantara
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1. Kognitif
a. Kognitif
proses:
o
Setelah
mendengarkan penjelasan siswa dapat menjelaskan ciri-ciri gerak dalam
seni tari Nusantara.
o
Setelah
mendengarkan penjelasan siswa dapat Menjelaskan contoh busana yang dikenakan penari
dalam seni tari Nusantara.
o
Setelah
mendengarkan penjelasan siswa dapat Menjelaskan perbedaan gerak tari dari daerah satu
dengan daerah yang lain
b. Kognitif
produk :
o
Setelah
proses pembelajaran siswa dapat Menguraikan ciri-ciri gerak dalam seni tari
Nusantara
o
Setelah
proses pembelajaran siswa dapat Menyebutkan contoh busana yang dikenakan penari
dalam seni tari nusantara.
o
Setelah
proses pembelajaran siswa dapat Menyebutkan perbedaan gerak tari
dari daerah satu dengan daerah yang lain
2. Afektif
a. Karakter:
o
Selama
proses pembelajaran siswa dapat bersikap tekun mendengarkan penjelasan guru
pada saat proses belajar berlangsung.
o
Selama
proses pembelajaran siswa dapat
melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab.
b. Sosial:
o
Selama
proses pembelajaran siswa dapat membantu teman yang mengalami kesulitan.
3. Psikomotorik
:
o
Setelah
mendapatkan penjelasan siswa terampil memperagakan gerak tari nusantara
V.
MATERI PEMBELAJARAN :
o
Tari
Nusantara
VI.
MODEL/METODE PEMBELAJARAN :
·
Model
Pembelajaran :
-
Demonstration
·
Metode
:
-
Ceramah, Tanya Jawab, Demonstrasi, Praktek, Penugasan.
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
No
|
Tahapan
Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
Keterlaksanaan
|
|||||
Waktu
|
Siswa
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1.
|
Kegiatan Awal
|
5’
|
||||||
·
Menyiapkan
siswa dan berdoa bersama
·
Mengabsen
siswa
·
Menggali
pengetahuan siswa sehubungan dengan materi yang akan diajarkan/ memberikan/
menyampaikan apersepsi.
|
1’
1’
3’
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
||||||
2.
|
Kegiatan
Inti
|
55’
|
||||||
·
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai.
·
Guru
menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan.
·
Menyiapkan
bahan atau alat yang diperlukan.
·
Menunjuk
siswa untuk mendemonstrasikan.
·
Seluruh
siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisanya.
·
Tiap
siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemonstrasikan.
·
Guru
membuat kesimpulan.
|
5’
5’
5’
15’
10’
10’
5’
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Individu
Individu
Individu
Klasikal
|
||||||
3.
|
Kegiatan
Penutup
|
10’
|
||||||
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran
·
Guru
memberikan Pekerjaan Rumah
·
Guru
memberikan pesan-pesan moral.
·
Guru
menutup pelajaran.
|
5’
3’
1’
1'
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
VIII. ALAT
/ SUMBER BELAJAR :
·
Alat
Pembalajaran / media : Gambar Tari Nusantara.
·
Sumber Belajar :
-
Buku
Seni Budaya dan Keterampilan untuk kelas IV SD/MI, Pusat Perbukuan Kementrian
Pendidikan Nasional
-
Bermain
dan Berkarya “Kerajinan Tangan dan Kesenian, Untuk SD dan MI kelas 4 SD
-
LKS
IX. PENILAIAN
:
·
Prosedur:
Proses dan Produk.
Penilaian terhadap siswa dilakukan
selama proses pembelajaran berlangsung dan pada akhir pembelajaran. Penilaian
dalam proses dilakukan melalui pengamatan terutama ketika bekerja dalam
kelompok, sedangkan penilaian produk dilakukan melalui unjuk kerja.
·
Tekhnik
:
-
Tes
dan Unjuk Kerja.
·
Bentuk
:
-
Tes
uraian dan praktek.
·
Soal/Instrument
:
-
Terlampir.
Mengetahui
Makassar ,...................2012
Kepala Sekolah Guru
Kelas IV
.......................... ..........................
Nip : Nip
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar